Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kuota Indosat Oredoo Terlengkap

Tiga Langkah mudah cek kuota internet indosat anda

Sudah menjadi kenyataan di era modern dan era digital saat ini bahwa internet sudah hampir menjadi sesuatu yang wajib di miliki khususnya bagi para pengguna smartphone yang selalu ingin eksis di dunia maya, ya mungkin di antaranya adalah pembaca blog ini hehe... Hal ini bisa dilihat dari penggunaan akses internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pasti sobat pernah mengalami kuota internet yang tiba-tiba habis karena saking serunya berselancar di dumay (dunia maya), nyesek sih tapi mau gimana lagi karena nasi sudah menjadi bubur. Dan yang paling bikin nyesek itu jika habis ngisi pulsa banyak dan semua pulsanya kesedot tinggal Rp,0 rupiah  dikarenakan paket datanya sudah habis dan harus membayar tarif internet yang mahal dengan pulsa yang baru dia beli tadi. Taulah seperti apa rasanya, hehe..

Walaupun namanya smartphone (ponsel pintar) tapi tidak semua penggunanya pintar dalam menggunakan data internetnya, karena sering bocornya pulsa yang tersedot karena pemakaian data internet yang berlebih. Di sinilah saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengecek kuota internet terutama bagi pengguna Indosat Oredoo. Diantara tujuannya, agar tidak terulang kembali kejadian yang menyesakkan dada tersebut. :-D

Oke deh cekidot, saya akan paparkan cara-caranya berikut ini


1. Cek Kuota Indosat Lewat SMS

Cara ini merupakan cara yang mudah karena sobat tidak memerlukan data internet, cukup melauli pesan singkat alias SMS dan secara otomatis Indosat akan ada mengirimkan notifikasi ke nomor anda setelah anda mengirimkan SMS ke nomor tujuan. Cocok bagi yang mendapati kuotanya sudah habis maupun bagi yang memang ingin mengecek kuotanya lewat SMS

Cara satu ini bisa dibilang yang paling umum dilakukan, dan pastinya Anda yang menggunakan IM3 pun pernah melakukan pengecekan paket data lewat dial telepon.


cek kuota

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas caranya bisa dilihat sebagai berikut ini,
  1. Ketik USAGE dan kirim SMS ke 363.
  2. Pengetikan usage tidak harus memperhatikan huruf besar maupun huruf kecil! Seperti pada gambar di atas.
  3. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan dari pihak Indosat Oredoo.

2.  Cek Kuota Indosat Lewat Dial Telepon

Cara berikutnya adalah melalui Dial Telepon atau yang biasa di sebut juga Dial USSD. Merupakan cara yang paling umum dilakukan juga bagi pengguna smartphone terutama jika fitur SMS mengalami gangguan.  

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan; pertama tekan *123# dan kedua tekan *363#. Tapi saya akan jelaskan cara yang pertama saja, kenapa? Karena cara pertama (*123#) hanya melewati empat langkah dibandingkan cara kedua (*363#) yang melewati enam langkah, jadi sedikit lebih ringkas. Hal ini berdasarkan percobaan yang saya lakukan dan mungkin hasilnya akan berbeda dengan yang lain. Mohon berikan pemberitahuan jika ada yang berbeda di kolom komentar saya.

Anda bisa melihat lebih jelas langkah-langkahnya berikut ini,


Cek kuota menggunakan dial telepon


  1. Lakukan panggilan ke *123#
  2. Pilih nomor 8 (menu INFO), kirim
  3. Kemudian pilih nomor 1 (Cek Kuota), kirim
  4. Pilih lagi nomor 1 (Paket Internet), kirim
Sukses, anda akan menerima notifikasi SMS perihal status paket anda beberapa saat kemudian.


3.  Cek Kuota Indosat Lewat Aplikasi

Sebagai provider besar sudah pasti Indosat Oredoo memiliki aplikasi resmi untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, di antaranya anda bisa melihat dan mengecek status kuota internet anda.


Pengguna Android

Menggunakan Aplikasi MyIm3 di AndroidBagi pengguna ponsel berbasis Android, silakan buka Google Play (buka link tersebut untuk menuju ke halamannya) dan cari aplikasi MyIm3 lalu instal, jika sudah terinstal anda bisa membuat akun (registrasi) terlebih dahulu untuk menggunakannya dan login bagi yang sudah mendaftar di aplikasi ini sebelumnya. Untuk mengecek sisa kuota, anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut untuk mengetahuinya. 

Btw, di samping anda mendapatkan informasi tentang kartu anda, kerap kali Indosat Oredoo memberikan promo menarik yang hanya didapatkan jika menggunakan aplikasi MyIm3 ini. Jadi, pastikan anda sudah mengunduh aplikasinya di smartphone dan registrasi supaya mendapatkan lebih banyak kemudahan dan keuntungannya.


Pengguna iPhone

Untuk pengguna ponsel berbasis iOS (iPhone), silakan buka AppStore dan unduh aplikasi MyIm3 kemudian lakukan hal sama seperti pengguna Android di atas.
MyIm3 juga tersedia di iPhone


Note:

Perlu di ketahui bagi pengguan Indosat Oredoo, anda bisa mengecek kuota internet anda hanya melalui tiga cara yang saya sebutkan di atas dan sudah tidak bisa mengecek melalui website yang beralamat di mycare.indosatooredoo.com. Kalau di pikir-pikir buat apa juga punya punya smartphone tapi ngecek kuotanya menggunakan komputer, kan repot! Hehe.. Just kidding sobat sekalian, semoga bermanfaat.

4 komentar untuk "Cara Cek Kuota Indosat Oredoo Terlengkap"

  1. Baru tahu juga kalau pake dial *123# lebih praktis ketimbang *363#... makasih boss infonya

    BalasHapus
  2. Percuma pake Indosat kalau internetnya masih lemottttt.... Hahahaha

    BalasHapus
  3. Wkwkwkwk
    Bener cuy, ada harga ada rupa, mending pake punya tetangga sebelah

    BalasHapus